Belajar Dari Benih – Jatuhnya untuk Tumbuh Kuat

by -108 views

Benih yang jatuh ke tanah itu akan kembali tumbuh menjadi sebuah pohon yang memiliki akar yang kuat, batang besar, dan kokoh. Dan nantinya akan menghasilkan buah yang bermanfaat bagi habitat di sekitarnya.

Sob, pernah tidak mendengar kata-kata seperti ini? “Tidak perlu menggantungkan cita-cita setinggi langit karena kalau jatuh akan terasa sakit.”

Sob, jika mendengar kata-kata seperti di atas, tidak usah dihiraukan. Hal itu akan membuat semangat kita melemah dan kendor. Tetap gantungkan cita-cita setinggi mungkin. Bahkan setinggi langit. Tapi catat, sikap atau pribadi kita harus kita ubah seperti benih.

Kenapa harus seperti benih? Gini sob, menggantungkan cita-cita setinggi langit itu resikonya besar, tidak mudah. Ikhtiar dan doa sangat kita perlukan. Dalam ikhtiar nantinya kita akan mendapatkan tantangan yang sangat besar. Ibaratnya, semakin tinggi kita menaiki anak tangga untuk meraih cita-cita, maka semakin besar pula angin yang menerpa kita.

Dalam proses ini ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, sukses mencapai tujuan. Kedua, gagal, dipertengahan jalan takdir memilih kita terjatuh.

Jatuh dalam beproses itu soal biasa sob. Kalaupun kita harus terjatuh, jatuhlah seperti benih. Jatuhnya tidak merasa sakit dan terpuruk melainkan kembali tumbuh menjadi pribadi yang kuat memiliki semangat yang besar dan tetap bermanfaat bagi orang-orang yang ada kita.
[Irwansyah]

About me: Administrator

Gravatar Image

Dutabuku.com merupakan portal online artikel, berita dan penulis online yang berfokus pada pembaca Indonesia baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.