Dhika Widayat: Taat Sekarang Saja Jangan Besok

by -29 views
Taat Sekarang Saja Jangan Besok
Taat Sekarang Saja Jangan Besok

Penyakit yang sering membunuh manusia adalah menunda. Bukan Membunuh secara maksud yang sebenarnya. Tetapi membunuh waktu. Sebenarnya kita bisa melakukannya sekarang, tetap dengan berbagai macam alasan kita menundanya nanti.

Sesuatu yang seringnya kita bilang nanti saja untuk dikerjakan justru tidak pernah kita lakukan. Lebih lagi saat kita baru saja sadar bahwa waktu sudah akan habis. Sedangkan belum banyak hal yang kita perbuat. Disanalah rasa penyesalan terasa begitu menyedihkan.

Begitu juga orang-orang yang diajak untuk bertaubat. Mereka menganggap usianya masih muda, sehingga masih punya banyak waktu untuk nanti saja bertaubatnya. Tubuh yang sehat dan usia yang muda memang sering melalaikan manusia dari ketaatan kepada Allah. Padahal kematian selalu mengintai manusia setiap saat.

Allah telah memvonis mati seluruh manusia. Tetapi Allah tidak memberitakan kepada kita kappa waktu eksekusi itu. Ternyata mati itu tidak berurutan dari usianya yang lebih tua. Juga tidak disebabkan karena sakit yang parah. Banyak kita saksikan yang terlihat sehat ternyata tiba-tiba saja meninggal. Tidak jarang juga justru yang usianya masih muda sudah lebih dulu meninggal.

Ini telah membuktikan bahwa syarat mati itu tidak harus tua dan harus sakit dulu. Kematian itu hanya akan datang jika ajal sudah tiba saatnya. Itulah yang menjadi rahasia bagi seluruh umat manusia. Tidak ada yang tahu kapan dirinya akan meninggal. Besok atau lusa atau nanti? Tidak ada yang tahu.

Kita hanya akan mengetahuinya saat nyawa sudah sampai di kerongkongan. Saat itulah kita menyadari bahwa kita akan meninggal dunia. Tetapi itu tidak terlalu penting. Bukan urusan kita kapan mati itu datang. Urusan kita adalah mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ajal itu datang.

Rasulullah pernah ditanya oleh salah seorang sahabat tentang kapan terjadinya kiamat. Maka Rasulullah justru balik bertanya kepada sahabat tersebut tentang apa yang sudah disiapkan jika kiamat itu tiba. Benar, kapan kiamat itu tiba tidak ada yang tahu. Itu bukan menjadi urusan kita. Namun yang harusnya kita lakukan adalah mempersiapkan diri dengan bekal pahala yang banyak. Begitu juga dengan kematian.

Mati itu sesuatu yang sudah ditentukan waktunya oleh Allah untuk kita. Bahkan jauh sebelum kita menikmati udara di dunia ini. Waktu kematian kita sudah ditentukan oleh Allah. Dan kita tidak ada yang tahu kapan dan dimana. Dan ingat, itu bukan urusan kita. Sedangkan yang menjadi urusan bagi kita adalah apakah yang sudah kita siapkan sebagai bekal kematian?

Maka ajal tidak akan menunggu kita berbuat baik. Mati juga tidak pernah menunggu taubat kita. Sehingga, mumpung hari ini kita masih diberi waktu oleh Allah, bertaubatlah sekarang juga. Taat dan berbuat baiklah sekarang juga. Jangan ditunda, karena bisa jadi yang ditunda itu selamanya tidak akan pernah kita lakukan. Ayo taubat. Jangan besok, sekarang saja. Mumpung sekarang hayat masih di kandung badan, tidak tahu kalau besok bahkan nanti. [Dika Widayat]

About me: Administrator

Gravatar Image

Dutabuku.com merupakan portal online artikel, berita dan penulis online yang berfokus pada pembaca Indonesia baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *