Menjadikan Hidup Penuh Arti

by -60 views
Menjadikan Hidup Penuh Arti
Menjadikan Hidup Penuh Arti

Kehidupan diciptakan untuk sesuatu yang indah. Kehidupan adalah anugerah. Kehidupan adalah karunia. Kita sepatutnya bersyukur telah dikaruniai Allah SWT dengan satu kata yang sangat dalam maknanya “kehidupan”. Yang dengannya kita bias merasa, melihat, mendengar, berekspresi, bersosialisasi bahkan bisa menciptakan kehidupan lainnya.

Namun tak jarang sebagian dari kita sering berfikir sebaliknya dengan menyesali kehidupan itu sendiri, Meratapi kehidupan yang ada padanya, mengutuknya bahkan ada yang ingin segera mengakhirinya.

Kehidupan seperti roda yang berputar kadang di atas kadang di bawah , kadang senang kadang susah, kadang bahagia kadang menderita, kadang sehat kadang sakit, kadang sempat kadang sempit dan seterusnya.

Namun kehidupan bukanlah bulatan bola yang tiada ujung dan tiada pangkal. Kehidupan akan berjalan terus semakin mendekat ketitik terakhirnya. Kita mengenalnya dengan satu kata yang sering ditakuti yaitu “kematian”.

Setiap kehidupan akan berakhir dengan kematian. Mau atau tidak mau, suka atau tidak suka, siap atau tidak siap segala sesuatu yang hidup pasti akan mati dan itu sudah menjadi keniscayaan.

Dan setiap kematian akan mengawali kehidupan baru yang kekal. Kita sering menyebutnya dengan kehidupan akherat. Dan kehidupan baru yang kekal ini ditentukan bagaimana kita mengisi kehidupan sebelumnya. Jika kita mengisinya dengan banyak kebaikan maka di kehidupan yang kekal kita akan memanen kebaikan juga. Sebaliknya jika kita mengisinya dengan keburukan maka itulah yang akan kita dapatkan.

Nah kita perlu tahu kebaikan seperti apa yang akan mendapatkan panen kebaikan di kehidupan yang kekal ( akhirat ), agar jangan sampai kita mengira telah berbuat kebaikan selama didunia eh ternyata di akherat tidak mendapat kebaikan apapun alias zonk.

Prinsipnya bahwa kebaikan yang bisa mendatangkan manfaat di akherat adalah kebaikan yang berbalas pahala. SebaliknyaSebaliknya Segala bentuk amalan yang mendatangkan dosa maka akan berbalas dengan siksa.

Lalu kebaikan yang seperti apa yang akan berbalas pahala?? Yang jelas kebaikan yang akan mendatangkan pahala itu bersyarat. Pengen tau syaratnya apa aja?

Ini syarat – syaratnya yang sudah dijelaskan dalam Al Qur’an:

Dilakukan karena iman kepada Allah ( Q.S Ibrahim 15 )
Dilakukan dengan ikhlas ( Q.S Al insan ayat 9 ). Makna ikhlash itu sendiri adalah ketika perbuatan kita karena Allah semata, tidak mengharap balasan dan juga ucapan terima kasih .

Benar cara melakukannya berdasarkan petunjuk Allah dan Rasulnya.
Nah sekarang sudah tau kan syarat kebaikan yang mendatangkan pahala yang bisa dipanen di kehidupan kekal kita. Yuk selalu semangat belajar dan terus belajar agar kehidupan kita tidak sia-sia dan mudah-mudahan kita termasuk golongan orang yang beruntung . Karena keberuntungan sebenarnya tidak datang dengan sendirinya tetapi dia datang karena diusahakan dan dibiasakan.

About me: Administrator

Gravatar Image

Dutabuku.com merupakan portal online artikel, berita dan penulis online yang berfokus pada pembaca Indonesia baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.