Pantang Lelah Sebelum Lillah

by -46 views

Hidup ini singkat. Hari ini kita terbangun dari tidur, esok mungkin kita terbangun dari kubur. Karena yang namanya manusia pasti akan mengalami yg namanya kematian. Seperti yg dikabarkan dalam firman Allah SWT.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

”Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati, Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenarnya) dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.”
(QS 21: 35).

Itulah kehidupan dunia yg tak pernah sejati. Namun, karena hidup itu tak sejati ada kiat-kiat menempuh hidup di dunia yg dapat mengantarkan kita kembali hidup di akhirat kelak dengan menuai kebahagiaan. Apa itu? Pantang Lelah di dunia sebelum Lillah.

Terkadang kita banyak beraktivitas, melakukan hal-hal yg disukai namun tak pernah care dengan niatnya. Kita rajin berbuat baik, kita rajin ikut ngaji, kita rajin ibadahnya namun lupa niatnya. Niat apa? “Lillah”.

“Sesungguhnya semua perbuatan tentu didasari oleh niat, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkannya. Oleh karena itu barang siapa hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya (bernilai) karena Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa hijrahnya karena harta dunia yang hendak diraihnya atau karena wanita yang hendak dinikahinya maka hijrahnya (bernilai) sesuai dengan apa yang diniatkannya.”
(HR. Bukhari dan Muslim)

Niat itu perkara penting dalam beramal. Tanpa niat, amal tak ternilai adanya. Ya, tentunya niat yg Lillah. Tapi sekedar niat saja belum tentu cukup pula tanpa amal yg sesuai hukum syara’. Keduanya harus sinkron. Karena syarat amal diterima adalah niat lillahi ta’ala dan sesuai petunjuk Yang Maha Pembuat Hukum, Allah SWT. [Nurhalimah]

About me: Administrator

Gravatar Image

Dutabuku.com merupakan portal online artikel, berita dan penulis online yang berfokus pada pembaca Indonesia baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.