Rahasia Kekayaan – Zaenuddin HM: Money Talking

by -71 views
Buku Zaenuddin HM berjudul MONEY TALKING
Buku Zaenuddin HM berjudul MONEY TALKING

Saya baru saja membaca buku karya Zaenuddin HM yang berjudul MONEY TALKING, Para pakar internasional bicara tentang uang dan cara meraihnya. Sejumlah nama diulas, seperti Napoleon Hill, Jack Canfield, Brian Tracy, Joe Vitale, Richard Templar, John Maxwell, Robert T Kiyosaki, T Harv Eker, Zig Ziglar, dan Anthony Robbins.

Membaca buku ini kita akan disuguhi beragam rumus dan tips yang berkaitan dengan UANG dari nama-nama pakar di atas. Walaupun memang kerangka berpikir mereka masih dalam pola Kapitalisme. Tentu akan kita dapati perbedaan secara asasi dengan nama nama seperti Abdurrahman Bin Auf, Utsman Bin Affan, Abu Bakar As sidiq, dan masternya yakni Sayyidina Rasulullah Muhammad SAW. Dimana letak bedanya ? Dan apa titik awal kesamaan dimulainya para pakar Internasional ini ?

Jawabannya adalah MIND. Ya dimulai dengan pemikiran, pemahaman. Dalam konteks UANG maka adalah bagaimana mereka memahami tentang uang ? Hampir semua nama-nama di atas ketika mulai berbicara tentang UANG dan kekayaan dimulai dari MINDSET terlebih dahulu. Dari mindset inilah misalnya Robert Kiyosaki populer dengan berpikir antara ayah kaya dan ayah miskin. Nah memang sebagian ( besar ? ) masyarakat tabu kalau sudah bicara soal uang. Mengalir saja, mungkin itulah cara melihat Uang.

Alhamdulillah, Islam sudah memberikan semua cara pandang pemikiran sampai hal yang sifatnya aplikatif untuk masalah UANG ini. Dari mulai soal Rizki yang ini masuk dalam ranah akidah. Bab bekerja ajir-musta’jir ( upah mengupah ), mengelola tanah, jual beli, sewa, utang piutang, bab riba, infaq, zakat, dan hal lainnya dengan komplit. Salah satu komplitnya Islam dalam membahas hal ini bisa merujuk di Kitab Nidzam iqtishadi Fil Islam ( sistem ekonomi Islam ) buah karya Syaikh Taqiyuddin An Nabhani.

Memikirkan dari mana Uang didapatkan ( dari yg halal ), kemana saja Uang dikeluarkan ? ( Untuk yg Ma’ruf pula ), mulai membuat list daftar harian, menetapkan tujuan keuangan ( haji, dan hal lainnya ), dst… adalah salah satu diantara memulai berpikir tentang UANG.

KESIMPULANNYA ; Rahasia Kekayaan itu adalah dimulai dengan MIND. Selebihnya action.

[Pristian Surono Putro – 11/08/’18]

About me: Administrator

Gravatar Image

Dutabuku.com merupakan portal online artikel, berita dan penulis online yang berfokus pada pembaca Indonesia baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *